Persidangan Gembong Narkoba El – Chapo Amerika Utara

Kalian sudah tahu bukan ? daerah seperti Miami, lalu Amerika Utara atau Latin menjadi pusatnya dunia per gembongan Narkoba hingga sampai detik ini. Nah,pada pembahasan sebelumnya bisa kalian cari tahu mengenai beberapa gembong narkoba yang ada di Amerika Utara dan paling ditakuti atas kekuasaannya. Kebetulan sekali, menyambung dari apa yang sudah saya tulis kemarin, hari ini saya akan membahas beberapa hal mengenai persidangan dari gembong Mafia ternama yakni El Chapo Guzmn yang secara resmi digelar di negara Amerika Serikat, lebih tepat berpusat di New York dengan pengawalan yang super duper ketat.

Guzmn sudah tertangkap dari tahun 2016 pada bulan Januari. Dirinya benar-benar hebat, pasalnya pernah meloloskan diri melalui sebuah jalan terowongan 5 bulan sebelumnya. Lelaki berkebangsaan Meksiko ini dituding langsung sebagai satu-satunya Tokoh utama dibalik kartel Narkotika bernama Sinaloa.

Persidangan Gembong Narkoba El – Chapo Amerika Utara

Dalam kasus ini, Jaksa penuntut umum juga mengutarakan bahwa dirinya adalah penyuplai resmi dari obat-obatan terlarang terbesar yang berada di Amerika Serikat. Beberapa tokoh utama, termasuk juga tangan kanan dari El Chapo akan langsung menjadi saksi yang melawannya di dalam persidangan. Dari sini ada beberapa hal yang akan terjadi seperti, upaya di dalam menunda adanya ekstradisi bos Narkotika El Chapo, lalu mengenai Terowongan Rahasia yang sudah ditemukan di penjara Meksiko.Untuk lebih jelasnya lagi, kami akan beritahukan mengenai beberapa hal yang terjadi dalam persidangan Kartel Narkoba El Chapo.

Perkenalan dengan El – Chapo

Saya tahu, bahwa kalian semua tidak mengenal siapa itu sebenarnya El Chapo bukan ? sebab inilah, saya akan memberitahu ke kalian semua mengenai siapa sebenarnya El Chapo tersebut. Namanya adalah Joaquin Guzmn Loera lahir di tahun 1957 dari golongan keluarga Petani. Disini dirinya pertama kali terjun dalam dunia bisnis obat-obatan terlarang saat sedang bekerja di perkebunan Mariyuana dan juga Opium.

Kemudian, dirinya juga sudah magang di bawah pengawasan Miguel Angel Felix Gallardo atau yang memiliki julukan The Godfather. Dimana ini adalah pemimpin dari Kartel Guadalajara yang sangat amat berkuasa. Lalu selanjutnya, El Chapo ini mengepalai adanya kartel Sinaloa yang sudah resmi menguasai wilayah barat daya Meksiko di akhir tahun 1980an. Lama kelamaan, kartel Sinaloa ini maju dan menjadi kartel Narkoba terbesar yang berani menyelundupkan obat-obatan terlarang ke negara Amerika Serikat.

Lalu masuk tahun 2009, El Chapo sendiri sudah masuk dalam daftar orang kaya versi forbes. Dirinya masuk ke peringkat 701 dengan adanya estimasi jumlah kekayaan sebesar US $ 1 miliar. Dikabarkan dirinya juga sempat berhasil lepas dari upaya pembunuhan oleh kartel saingannya tersebut di tahun 1993, namun dirinya berhasil ditangkap dan dihukum masuk penjara dalam kurun waktu 20 tahun. Hebatnya lagi, disini dirinya bisa berhasil kabur sebelum benar-benar tertangkap lagi Januari tahun 2016 lalu. Usut punya usut, nama dari El Chapo ini adalah salah satu nama samaran yang dirinya miliki dengan total lebih dari 5 nama samaran yang biasa dia gunakan.

Lanjut masuk Mengenal Kartel Sinaloa

Sebagai pengetahuan saja, kartel ini menguasai bagian Meksiko Barat Daya.alu berhasil menjadi kartel terbesar dan pada akhirnya bisa dengan leluasa menyelundupkan berbagai obat-obatan terlarang ke daerah yang ada di negara tersebut hingga negara besar seperti Amerika. Disini terdapat dakwaan dari Guzmn atau El Chapo yang mengatakan bahwasannya kartel tersebut menjadi sebuah rganisasi perdagangan narkoba terbesar di dunia dan juga terdapat aporan kepada Kongres AS Juli tahun 2018 lalu yang mengatakan memiliki pendapatan sampai dengan US $3 Miliar Per Tahunnya sejak tahun 2012 silam.

Disebutkan juga, bahwasanya Kartel ini sudah memiliki bisnis lebih dari 50 negara. Di tahun 2017, DEA selaku badan dari pemberantasan narkoba itu mengatakan Kartel Sinaloa bisa mengekspor dan mendistribusikan adanya metamfetamin, lalu juga Mariyuana, kokain hingga heroin ke negara bagian Amerika Serikat dengan jalur distribusi di Phoenix – Los Angeles sampai dengan Denver dan Chicago.

Dakwaan-Dakwaan yang Didapatkan oleh El Chapo

Dari munculnya persidangan ini, maka hadir sudah berbagai macam dakwaan terhadap El Chapo. Dakwaan utamanya adalah dugaan bahwa dirinya membantu dalam mengekspor ratusan ton kokain ke Amerika Serikat. Dalam persidangan, dirinya langsung mendapatkan adanya 17 tuntutan. Nah, dalam dakwaannya tersebut terdapat adanya daftar yang menyebutkan Guzmn dengan mitranya ini melakukan pengiriman kokain ke AS sebanyak 84x pada tanggal 18 Maret tahun 2017. Salah satu pengiriman yang terjadi adalah pengiriman narkoba dengan berat 19 ribu kilogram.

Tak hanya itu, dirinya juga diduga sebagai terdakwa resmi atas sebuah konspirasi dan langsung mendistribusikan adanya Heroin, Metamfetamin, serta Mariyuana dan terakhir sadisnya masih memerintahkan untuk melakukan pembunuhan. Di dalam dakwaan ini El Chapo menyewa pembunuh bayaran untuk langsung melakukan Ratusan Pembunuhan, lau Penyerangan, Penculikan sampai dengan Penyiksaan pada kartel saingannya tersebut.

Kronologi Singkat Penangkapan El Chapo

Menurut cuitan dari Presiden Meksiko yakni Enrique Pea Nito tanggal 8 Januari tahun 2016 silam, bahwasannya Misi Berhasil, dan kami benar-benar berhasil untuk menangkapnya. Setelah selama 2 tahun menjadi buronan, keberadaan dari El Chapo ini tercium sedap di sebuah rumah yang ada langsung di Los Mochis yakni sebuah kota besar di daerah pesisir Meksiko.

Disini dirinya baru saja benar-benar pindah dan juga setelah melakukan persembunyian selama berbulan-bulan di luar negeri. Hasil dari penggerebekan ini membuahkan hasil dengan 5 pengawal yang dimiliki oleh El Chapo sendiri tewas dalam aksi penggerebekan tersebut oleh para marinir Meksiko. Dirinya sempat melakukan perlawanan , namun kemudian tertangkap pada saat hendak meninggalkan kota.

Kronologi Cara Kabur dari El Chapo

Mengapa pad saat persidangan dilakukan pengawalan super ketat terhadap terdakwa ? hal ini dikarenakan El Chapo sendiri berhasil untuk kabur dari penjara selama 2x. Nah, di tahun 2001 silam dirinya berhasil menjalankan misi untuk kabur dari penjara Puente Grande yang mana memiliki keamanan jauh lebih maksimum dengan bersembunyi langsung di keranjang cucian dan menyusup melalui sipir penjara. Dirinya kemudian menjadi buronan selama 13 tahun lama nya sebelum benar-benar kembali tertangkap di bulan Februari tahun 2014 silam.

Kabur untuk yang kedua kalinya terjadi di tahun 215, yang mana E;l Chapo diam-diam pergi melalui sebuah terowongan sepanjang 1,5 km yang langsung terhubung ke wastafel kamar selnya tersebut. Kabarnya, akurasi ini memang hanya bisa terjadi dengan bantuan dari pemandu satelit yang super duper canggih.

Yang membuat kaget sekaligus hebat adalah, terowongan yang ada sudah dilengkapi dengan ventilasi lalu dengan menggunakan lampu dan juga tangga. Sementara itu, pintu keluarnya sendiri benar-benar tersembunyi di balik konstruksi bangunan. Televisi di Meksiko kemudian bisa menayangkan adanya cuplikan yang mana menunjukkan sipir penjara tidak berbuat apapun saat sekiranya terdengar suara dari hantaman keras dalam sel El Chapo.


Di dalam persidangan yang terjadi banyak sekali perdebatan dan pembelaan terhadap Guzman yang dibela oleh pengacara kelas kakap dan salah satunya adalah Jeffrey Lichtman yang dulunya berhasil dalam membebaskan bos mafia John Gotti Jr. Dari ancaman penjara di tahun 2005 silam. Namun apa boleh buat, disini sang Jaksa sudah menyebutkan memiliki ratusan lembar dokumen , lalu rekaman audio komunikasi Guzmn saat sedang mendiskusikan transaksi narkoba dan juga terdapat rekaman video dari kamera pengawas yang memperlihatkan transaksi penyelundupan oleh Guzmn dengan para mitra-mitranya tersebut. Kalau sudah seperti ini, bisa berbuat apa ?